Tuesday, April 3, 2007

Bagaimana Mempersiapkan Acara Pernikahan Anda?

Oleh: Revy Wedding Organizer

Pernikahan yang berkesan merupakan dambaan bagi setiap pasangan yang hendak memasuki bahtera rumah tangga. Peristiwa ini merupakan momen yang sakral dimana anggota keluarga, teman dan kerabat biasanya datang untuk memberikan doa restu dan ucapan selamat kepada kedua mempelai yang sedang berbahagia. Karenanya suasana pesta yang meriah dan elegan akan menimbulkan kesan yang mendalam bagi semua orang yang hadir pada saat itu.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pasangan yang hendak melangsungkan acara pernikahannya, yaitu:

· Menentukan waktu yang tepat untuk melangsungkan acara pernikahan
Biasanya hal ini dirembukkan dengan pihak keluarga dari kedua mempelai. Pilihlah waktu dimana para anggota keluarga dan kerabat dapat hadir pada acara tersebut, misalnya: pada akhir pekan, saat liburan sekolah atau pada saat-saat dimana rutinitas bisnis anda diperkirakan tidak terlalu sibuk. Antisipasi pula adanya kondisi atau peristiwa tertentu, seperti: kondisi cuaca, agenda peristiwa nasional/lokal dan hari raya keagamaan, yang mungkin menjadi penyebab orang-orang yang anda undang tidak bisa menghadiri acara anda.

· Mempersiapkan dana untuk acara pernikahan
Pendanaan untuk suatu acara resepsi sangat relatif tergantung kondisi keuangan anda. Selain itu acara pernikahan bukan hanya kepentingan anda dan pasangan anda tetapi juga keluarga dari kedua belah pihak. Oleh karena itu, orang tua atau keluarga dekat terkadang turut memberikan bantuan dana demi suksesnya acara tersebut. Mengingat dana yang dibutuhkan relatif besar, anda harus melakukan kalkulasi budget yang tepat, seperti: berapa dana yang dibutuhkan untuk pernikahan anda dan berapa dana yang anda miliki saat ini. Jika dana saat ini masih kurang mencukupi lalu dihitung kembali berapa aliran dana yang kemungkinan akan masuk sampai menjelang hari pernikahan anda. Kalkulasi yang tepat akan mendukung kesuksesan dalam mewujudkan pernikahan yang menjadi idaman anda.

· Mempersiapkan acara dan perlengkapan pernikahan
Setelah tahapan perencanaan waktu dan keuangan di atas barulah anda melangkah pada tahap persiapan acara dan perlengkapannya. Tahapan ini merupakan yang paling sulit dan banyak memakan waktu dan pikiran anda. Proses ini dimulai dari pembuatan konsep acara, pemilihan lokasi dan menghubungi para vendor yang terkait dalam acara pernikahan, seperti: katering, dekorasi pelaminan, studio foto, undangan, dsb. Jika anda kesulitan mintalah bantuan Wedding Organizer untuk mengurus semua hal di atas. Untuk objektivitas, disarankan untuk memilih Wedding Organizer yang bersifat netral dan bekerja untuk anda serta bukan perpanjangan tangan (tenaga marketing) dari vendor-vendor perlengkapan pernikahan.

No comments: